Sri Lanka

Let’s meet up !

Ajakan ini menjadi kalimat yang paling sering ditulis dalam percakapan dengan teman virtual saya, JK, beberapa waktu yang lalu. Kami sudah berteman cukup lama akan tetapi kesempatan bertemu sungguh mustahil karena masalah jarak negara tempat kami bertempat tinggal. Dan rasanya itu tidak akan terwujud…πŸ˜‚πŸ˜‚

Tetapi untuk Maha Pengatur segala urusan, tiada hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dan itu mulai menjadi rencana kami sejak November 2016 lalu. Dimulai dengan mencari tempat yang tidak terlalu jauh dan harga tiket yang terjangkau, disepakati negara Sri Lanka sebagai tempat tujuan bertemu. Hahahaha tidak terbayang negara Sri Lanka dalam pikiran selama ini karena negara ini bukan negara tujuan wisata kebanyakan…. Ditambah lagi setelah mengunduh beberapa artikel didapati bahwa negara ini masih jauh tertinggal dibanding negara Indonesia. Tetapi ini akan menjadi tujuan yang menarik buat saya…Pasti!

Menelusuri laman pemesanan  traveloka, untuk melakukan pemesanan tiket pesawat, didapatlah jadwal yang kira-kira cocok dengan pengajuan cuti serta harga tiket yang lumayan terjangkau dengan rute JKT – KUL – CMB – KUL – JKT. Kenapa harus singgah di KUL ? karena tidak ada jadwal penerbangan langsung ke Sri Lanka dan waktu singgah yang lumayan panjang membuat saya memutuskan untuk melakukan perjalanan singkat di kota Kuala Lumpur sebelum berlanjut ke Sri Lanka.

Rencana selanjutnya adalah mengurus visa kunjungan ke Sri Lanka yang kali ini saya mencoba visa online, bukan VOA ( Visa On Arrival ). Laman visa Sri Lanka bisa dibuka pada www.eta.gov.lk dan semua persyaratan yang diminta wajib diisi agar aplikasi bisa segera disetujui. Biaya yang dibutuhkan untuk visa online pada waktu saya mendaftar adalah US$.35.00 dan dibayar melalui kartu kredit, bisa menggunakan kartu kredit orang lain jika tidak punya. Dan kurang dalam waktu 1 jam, aplikasi saya disetujui. Yeeiiiiii i’m ready to go… πŸ’ƒπŸΏπŸ’ƒπŸΏ

Visa + tiket selesai……Tinggal mencari akomodasi selama di Sri Lanka, selanjutnya disingkat LK. Beberapa teman menyarankan untuk tinggal di hotel karena membaca di beberapa berita bahwa tidak cukup aman bagi perempuan untuk bepergian sendiri di LK. Tetapi harga hotel yang didapat cukup mahal untuk ukuran kantong saya, sehingga saya memutuskan untuk menggunakan fasilitas di airbnb untuk mencari lokasi penginapan yang cukup terjangkau. Selesai untuk itu, saya membagi jadwal perjalanan untuk disesuaikan dengan jadwal teman seperjalanan saya.

Di tengah diskusi soal jadwal dengan JK, ada pesan singkat dari salah satu teman WA yang mengajukan diri sebagai sponsor tempat menginap selama di SL setelah mendengar cerita saya hendak berkunjung ke LK. Hahahaha terlalu menarik untuk ditolak… πŸ˜‰  Segala sesuatu mengenai penginapan diselesaikan oleh Ashraff Siddique, thanks a lot for yr kindness 😘

Perjalanan dimulai dari bandara Soekarno Hatta menuju Kuala Lumpur. Setelah menyelesaikan perjalanan singkat ke Melaka pada esok hari, saya bergegas menuju bandara KLIA2 untuk melanjutkan perjalanan ke Colombo, Sri Lanka. Ada kejadian yang cukup membuat jantung berhenti sesaat karena saya terlambat datang di KLIA2 gegara bis dari Melaka – Sentral Melaka – KLIA2 terlambat datang dan hanya tersisa waktu sekitar 50menit sebelum pesawat tinggal landas.

Drama dimulai dengan ditolaknya e-tiket dengan boarding pass karena waktu yang sudah mepet, diminta pergi kebagian pelayanan airline untuk meminta toleransi, ditolak karena persetujuan visa hanya disimpan di gadget bukan dicetak, tidak mempunyai mata uang USD dan diminta membeli tiket baru saja untuk jadwal terbang esok hari. Lengkap sudah rasanya hati ini mencelos sampai ke dasar yang paling bawah jika tidak bisa terbang pada hari itu….. Wajah memelas dan air mata sudah mau menetes satu…. Untungnya petugas airline berbaik hati membantu mencetak boarding pas dengan catatan jika imigrasi Colombo meminta pembuatan VOA, maka saya harus setuju. Yes, I will.

Waktu hanya tinggal 20menit dan saya harus berlari secepat pelari marathon menuju gate L22 sebelum pesawat tinggal landas. Oh iya, saya bertemu teman senasib dari China yang mengalami hal yang sama, Du Yue. Jadi kami berdua berlari dengan membawa daypack masing-masing melalui 2 meja imigrasi dan saling menyemangati agar lebih cepat berlari. And we made it… Pfuihhhh lega walaupun rasanya nafas terputus dan berkeringat dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Bandara negara Sri Lanka, Bandaranaike, sungguh modern. Berbeda dengan apa yang saya bayangkan.


Proses imigrasi termasuk singkat serta mudah, tidak ada pertanyaan yang sulit dan petugas tidak mempertanyakan soal visa seperti yang dikhawatirkan oleh petugas di KLIA2. Alhamdulillah… kami berdua mengucap syukur.  Kami saling mengucapkan salam perpisahan karena tempat menginap yang berbeda. Saya cukup lama berputar-putar di area kedatangan karena teman penjemput belum datang. Setelah berkirim pesan singkat, saya menunggu di luar bandara untuk dijemput. Latiff dan Rizaan adalah nama teman SL yang menemani perjalanan dari bandara ke hotel tempat saya menginap.

Karena waktu kedatangan sudah jam 11.00 malam, saya hanya mampir di restaurant cepat saji untuk membeli makan malam untuk di hotel. Latiff dan Rizan banyak bercerita mengenai negara SL sepanjang perjalanan. Mereka juga menceritakan bahwa Ashraff sangat khawatir dengan saya dan berkali-kali menelp untuk memastikan bahwa saya telah dijemput oleh mereka berdua. Hahahahaha rasanya sangat menyenangkan mempunyai teman yang menyayangi 😊😘

Tempat menginap yang dipesan oleh Ashraff sangat bagus. Terletak di ibukota SL, Colombo dan mempunyai pemandangan pantai di seberang lokasi Mirage Hotel Colombo. It’s a wonderful place for stay . Thanks again Ashraff ! Waktunya beristirahat untuk memulai perjalanan menjelajahi kota Colombo besok.

Good night ……

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Sri Lanka

Leave a Reply

