Omamuri

おはようございます….selamat pagi …. good morning

Bermula dari pekerjaan sejak awal tahun lalu yang mengharuskan berhubungan dengan klien dari negara matahari terbit, maka mau tidak mau harus belajar kebiasaan mereka agar bisa beradaptasi 💪🏻😊

Setiap klien datang berkunjung ke negara saya, mereka selalu membawa hadiah kecil untuk saya sebagai ucapan terima kasih. Terkadang kue-kue kecil dalam kaleng lucu, coklat, dan yang paling terbaru yaitu omamuri.

Omamuri berasal dari kata mamoru “守る” yang artinya melindungi atau memberi perlindungan. Biasanya omamori  dibuat dari kain yang dijahit dengan bentuk kotak, memiliki tali yang berfungsi sebagai pengait dan memiliki aksara berisi doa dari dewa tempat omamuri berasal.

Omamuri ini diberikan oleh Ichihara-san dan berasal dari Kuil Koami, Tokyo. Lokasi kuil ini dekat dengan kantor kerja dia, jadi mudah untuk dicapai jika tahun depan harus kembali lagi katanya 😊

Yaku Yoke 厄除

Kotsu Anzan 交通安全

Omamuri dari kuil Kaomi akan berbeda dengan kuil lainnya, karena setiap kuil mempunyai dewa tersendiri yang akan memberikan perlindungan pada setiap omamuri yang ada.

Kuil Kaomi
Kuil Kaomi

Kuil Kaomi atau biasa disebut Koami Jinja adalah kuil Shinto. Shinto adalah agama mayoritas di Jepang, walaupun ada juga omamuri yang  dapat dibeli di kuil Budha. Koami Jinja mempunya dewi pelindung, Benzaiten yang merupakan dewi seni dan kesehatan. Jadi setiap omamuri dari Koami Jinja sudah diberkati oleh Benzaiten sebelum dibawa pulang oleh para pengunjung kuil.

Yang saya baca dari wikipedia, jenis omamuri banyak sekali dan karena saya hanya meminta perlindungan yang umum saja, maka 2 omamuri ini  sudah mewakili,

  • Yaku Yoke 厄除     berarti perlindungan dari segala gangguan jahat.
  • Kotsu Anzan 交通安全  berarti keselamatan dalam perjalanan.

Menurut keterangan yang saya dapat dari Ichihara-san, omamuri tidak boleh dibuka atau akan kehilangan keampuhannya dan hanya dapat bertahan selama 1 tahun. Tahun berikutnya, omamuri harus dikembalikan untuk dibakar di kuil tempat dia berasal dan diganti dengan yang baru.

Omamuri dapat digantung pada tas, dompet ataupun kaca spion mobil sesuai dengan jenis omamuri itu sendiri.

Lepas dari masalah percaya atau tidak, saya menganggap omamuri ini adalah doa dari seorang teman untuk keselamatan saya. Setiap doa yang diucapkan adalah berkah yang harus disyukuri.

Domo arigato どうも ありがとう, Ichihara-san 😍

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s