keREADta

“Ketika kereta menjadi tempat yang menyenangkan untuk membaca”

Dalam rangka menyambut hari buku sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April 2017,  komunitas Taman Baca Inovator menggagas acara keREADta. Acara ini merupakan ajakan untuk para pengguna jasa kereta api untuk membaca buku dalam perjalanan mereka dan dilanjutkan dengan acara di FIB UI.

Sebenarnya beberapa waktu belakangan ini, waktu membaca saya berkurang jauh dibandingkan pada saat saya masih berstatus pelajar. Salah satu sebab karena harga buku semakin lama semakin mahal dan juga waktu bekerja yang semakin menguras pikiran. Jika diminta untuk memilih antara membaca atau tidur, maka pilihan terakhir pasti yang akan saya pilih 😂🤣

Tetapi pada saat mendapat surel untuk menjadi relawan pada acara ini, saya mencoba mengisi pertanyaan agar dapat berpartisipasi dan menepati janji agar membaca paling tidak 1 lembar setiap hari.

1 minggu sebelum acara, para relawan yang terpilih dikumpulkan untuk briefing singkat mengenai tujuan acara, bertempat di Gedung Indosat Jl. Medan Merdeka Barat no. 21 Jakarta Pusat. Kami dibagi dalam beberapa grup yang akan bertugas pada gerbong kereta dari stasiun Kota menuju stasiun UI.

Tanggal 23 April 2017, kami berkumpul di stasiun Kota untuk mendengarkan beberapa kata sambutan. Dimulai dari ketua acara, Kepala Stasiun Kota dan PJ Gerbong.

Relawan keREADta + Kepala Stasiun Kota

Saya bergabung dengan para relawan yang bertugas di gerbong 4. Teman-teman ini adalah relawan atau penggiat literasi pada komunitas di daerah mereka tinggal. Salut kepada mereka yang bersedia meluangkan waktu untuk berbuat hal baik.

img_2843
Relawan gerbong 4
Dalam gerbong 4
Relawan gerbong 4
Buku yang menemani selama perjalanan

Setelah sampai di stasiun UI, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang dengan narasumber penggiat literasi. Mereka terdiri dari editor, pengarang buku, pengiat komunitas literasi dan BCA sebagai salah satu penyelenggara gerakan donasi Buku Untuk Indonesia.

Bersama Butet Manurung - penggiat sekolah Rimba
Bersama Saur Marlina Manurung a.k.a Butet Manurung
img_2842-1
Narasumber bincang-bincang

Buku yang saya dan teman-teman baca, kemudian dapat disumbangkan untuk gerakan tersebut atau juga bisa menyumbang dalam bentuk uang tunai melalui link ini yang kemudian akan dibelikan buku bacaan untuk beberapa perpustakaan di daerah terpencil.

Senang rasanya bisa berbuat sesuatu, yang mungkin kecil artinya buat saya tetapi semoga bisa bermanfaat untuk yang lainnya.

Ayo mulai membaca setiap hari !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s