1000 origami burung perdamaian

Bermula dari ajakan dari salah seorang teman di FB untuk ikut membuat origami burung bangau dalam acara 1000 origami burung perdamaian di Balai Kota Jakarta tanggl 27 Mei 2017, maka saya menyanggupi karena hanya perlu membuat 50 buah origami saja.

Pembuatan dilakukan pada sela-sela waktu kerja, setelah sampai di rumah dan sesekali sebelum tidur. Dan sempat juga saya bertemu dengan satu teman karib di pujasera Bogor untuk beorigami dan bergosip. Hahahaa 😂

Saya hanya berhasil membuat 85 buah origami burung bangau dan menyisipkan 15 buah lipatan yang akan diselesaikan sebelum tanggal acara tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, muncul grup di WA untuk mengakomodir semua ide para relawan dan panitia. Pencetus acara ini adalah seorang pencinta origami, Mba Zussana Marlyn yang merasa prihatin melihat perdamaian di Indonesia mulai terkikis perlahan-lahan dan memilih origami burung bangau berwarna putih yang melambangkan kesabaran, ketelitian dan ketulusan untuk perdamaian.  Ini juga sejalan dengan mitologi origami dari Jepang yaitu barang siapa membuat 1000 burung bangau maka keinginannya akan tercapai.

Pada hari Sabtu, 27 Mei 2017 saya datang ke Balai Kota Jakarta pukul 07.30 pagi bersamaan dengan teman-teman yang lain. Memulai acara dengan mengumpulkan paket origami burung origami yang dibawa oleh para relawan dari berbagai tempat. Ada yang langsung datang di tempat, dan ada juga yang mengirimkan dalam bentuk paket dari berbagai kota di Indonesia seperti Berau ( Kalimantan ), Solo, Yogyakarta, Medan, Jabodetabek.

Origami tersebut dironce menjadi satu agar mudah digantungkan pada tempat yang telah disiapkan sebelumnya. Satu ronce terdiri dari 30 atau 50 buah origami burung.

Origami tersebut kemudian dihitung agar bisa diketahui berapa jumlah yang telah diterima. Target utama hanya 1,000 buah akan tetapi pada hari itu jumlahnya melampui dari 17,000 buah origami burung. Ternyata banyak yang masih perduli dengan perdamaian di negara ini.

This slideshow requires JavaScript.

Pada hari itu, saya merasa tidak perlu melihat suku, bahasa atau agama untuk menjadi bagian dari perdamaian di negara ini. Semua bisa bergandengan tangan dan bahu membahu untuk hal baik.
img_2999
img_2925
img_2919
img_2938
Hati merasa bahagia telah berbuat hal yang mungkin kecil artinya. Semoga perdamaian selalu hadir di kehidupan kita bersama.
img_2913
Aamiin.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: